Hal-hal yang Perlu diperhatikan Sebelum Anda Mulai Berlatih Beladiri


wingchunsport.woodendummy.mokyanjong.manusiakayu.jogja1
Bagi Anda para penggemar beladiri, mungkin sudah tahu akan hal yang akan disampaikan oleh admin wingchunsport.blogspot.com. Untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam berlatih Wingchun atau beladiri lainnya, tentunya memerlukan latihan yang BENAR. Hal ini MUTLAK diperlukan selain 'semangat' dan 'ketekunan' dalam berlatih. Adalah hal yang 'mungkin' SANGAT berbahaya jika Anda membiasakan diri berlatih beladiri dengan cara yang tidak benar. Apalagi ditambah dengan ketekunan. Setiap ketekunan akan membentuk kebiasaan, dari kebiasaan akan membentuk alam bawah sadar kita untuk melakukan dengan 'reflek' hal-hal yang menjadi kebiasaan kita.

Setiap gerakan dalam aliran beladiri seharusnya sudah mempertimbangkan tingkat resiko dan kemungkinan efek yang terjadi jika kita melakukannya. Sebagai contoh: melakukan teknik pukulan dan tangkisan tertentu justru akan membuat cedera jika kita melakukannya dengan tidak benar. Hal yang sama juga berlaku ketika Anda menggunakan alat latihan seperti barbel, Mok Yan Jong / wooden dummy, atau alat latihan lainnya. Apa jadinya jika kita melatih gerakan-gerakan tersebut dengan tekun... padahal gerakan yang kita lakukan adalah gerakan yang salah atau beresiko? Repotnya... gerakan tersebut menjadi kebiasaan dan tertanam dalam alam bawah sadar. Bisa dibayangkan bukan, resiko jika Anda membiasakan diri melatih beladiri dengan cara yang kurang benar?

Kali admin wingchunsport.blogspot.com akan mencoba sharing tips bagi Anda yang ingin memulai belajar beladiri:

  1. Pastikan Anda berlatih dengan mentor atau pelatih berpengalaman. Berlatihlah dengan BENAR dan DETAIL, mulai dari gerakan-gerakannya ataupun tekniknya. Tanyakan dengan detail bagaimana berlatih dengan aman. Peringatan: jangan sekali-kali melatih sendiri jika Anda awam tentang beladiri dan anatomi tubuh. Contoh: hanya dengan melihat video di Youtube, kemudian Anda melatih sendiri. Mungkin gerakan yang Anda latih terlihat sama dengan video, akan tetapi teknik penguasaan dan metode latihannya belum tentu sama. Maka dari itu, tim wingchunsport.blogspot.com sangat menyarankan Anda untuk berlatih bersama pelatih beladiri berpengalaman.
  2. Berlatihlan dengan RUTIN, TEKUN & SEMANGAT. Ketekunan yang dibarengi dengan semangat latihan yang benar akan membuat Anda semakin terbiasa dengan gerakan-gerakan (jurus-jurus) atau teknik-teknik dalam beladiri yang Anda pelajari. Latihan rutin 60 menit per hari "sangat jauh lebih baik" daripada latihan 4jam seminggu sekali. Ingat satu hal ini: "Ketekunan akan mebuat 'tidak bisa' menjadi 'bisa', kemudian membuat 'bisa' menjadi 'biasa', kemudian membuat 'biasa' menjadi 'kebiasaan', kemudian membuat 'kebiasaan' masuk ke 'alam bawah sadar' sehingga menjadi 'reflek'. Hal yang harus diperhatikan adalah: "BERLATIHLAH DENGAN BENAR". Anda butuh 'reflek' yang benar.
  3. Jangan berlatih secara berlebihan (latihanlah secukupnya). Tubuh memerlukan penyesuaian untuk setiap hal apapun yang kita latih. Berlatihlah secukupnya, jangan berlebihan. Latihan berlebihan justru akan merusak tubuh atau fisik Anda. 
  4. Jaga kesehatan mental dan fisik Anda. Berlatih beladiri adalah untuk menjaga kesehatan badan, mental, dan fisik. Selain itu tentu saja untuk membela diri di saat genting. Keselarasan antara pikiran, mental, dan fisik sangat diperlukan bagi seseorang untuk menguasai ilmu beladiri. Seseorang dengan mental baja dan jiwa yang bersih, akan memanfaatkan ilmu beladiri yang dikuasainya untuk hal-hal yang baik dan benar.
  5. Kuasailah sang "AKU". Sebagian besar aliran beladiri mengajarkan dan melatih para muridnya untuk dapat mengendalikan diri. Pengendalian diri adalah hal dasar untuk anda yang ingin memulai latihan beladiri. Adalah hal yang mudah untuk mengalahkan atau menyalahkan orang lain, situasi dan kondisi tertentu. Berani menyerang orang lain yang berbuat tidak baik pada Anda adalah hal yang mudah. Tetapi beranikah Anda memaafkan dan menjaga diri baik-baik dari orang yang ingin berbuat tidak baik pada Anda? Kuncinya ada pada pengendalian "sang AKU"
Nah, beberapa hal tadi adalah tips dari wingchunsport.blogspot.com bagi Anda yang tertarik untuk mulai belajar beladiri. Seru dan menarik bukan? ;)
Previous
Next Post »