Dapatkah Saya Menjadi Ahli dengan Hanya Berlatih Menggunakan Boneka Kayu?

Berlatih Boneka Kayu / Wooden Dummy / Mok Yan Jong / Muk Yan Jong / Manusia Kayu
Ada pernyataan seperti ini: "boneka kayu / wooden dummy wingchun tidak dapat membalas serangan. Tidak dapat menghalau serangan. Dan tidak dapat menghindari serangan."
So... apakah kemampuan beladiri saya dapat meningkat jika saya berlatih hanya dengan menggunakan boneka kayu Wingchun / Kungfu?

Dalam berlatih atau belajar apapun, ada hal yang sangat penting yaitu 'FOKUS'. Ketika kita berlatih beladiri berpasangan dengan partner latihan kita-pun... tidak akan meningkatkan kemampuan kita (jika ada peningkatanpun mungkin hanya sedikit) jika pikiran kita kemana-mana atau tidak fokus.

Salah satu maksud 'fokus' di sini adalah 'mengerti dan memahami' apa yang dilakukan. Ketika tangan kita menempel pada salah satu lengan mok yan jong / wooden dummy / boneka kayu misalnya. Apa yg kita pikirkan? Mungkin itu sebuah tangkisan yang kemudian akan dilanjutkan serangan balasan. Sehingga dalam imajinasi kita boneka kayu / mok yan jong / wooden dummy tersebut tidaklah diam. Dia 'seakan-akan' melakukan serangan pukulan pada kita. Dan kita pun dengan serta merta menangkis untuk kemudian melakukan serangan balasan. Serangan balasan bisa berupa pukulan, ringkusan, tendangan patahan kaki, ataupun serangan lainnya.

Tim wingchunsport pernah melihat simulasi penerbangan untuk pelatihan pilot. Pertanyaannya... apakah simulasi tersebut 'sama persis' dengan keadaan waktu terbang yang sesungguhnya? Jawabannya tentusaja 'TIDAK'. Lalu... apa maksudnya berlatih dengan menggunakan simulasi terbang tersebut? Tidak lain tidak bukan adalah untuk "membiasakan". Apa jadinya jika terjadi kesalahan yang dilakukan oleh sang pilot jika hal itu dilakukan pada saat terbang yang sesungguhnya? Pasti pembaca semua sudah tahu resiko-resiko berbahaya jika hal itu terjadi bukan?

Analogi itu bisa kita sandingkan ketika kita berlatih beladiri dengan menggunakan Boneka Kayu / Mok Yan Jong / Wooden Dummy / Manusia Kayu. Kita harus memiliki bentuk tangkisan, serangan balasan, dan gaya menghindar yang benar dulu untuk kemudian membiasakannya. Tentu hal ini sangat penting sebelum kita menghadapi pertarungan yang sesungguhnya. Mungkin artikel ini: "Hal-hal yang Perlu diperhatikan Sebelum Anda Mulai Berlatih Beladiri" dapat membantu kita untuk membuka pemikiran kita.

Kembali menanggapi pertanyaan sebelumnya: "apakah kemampuan beladiri saya dapat meningkat jika saya berlatih hanya dengan menggunakan boneka kayu Wingchun / Kungfu?". Tim Wingchunsport dengan yakin menjawab: "YA" asalkan Anda fokus, 'mengerti dan memahami' apa yang Anda lakukan.

Semoga bermanfaat.
- Salam Olahraga -
- Wingchunsport -
Previous
Next Post »