Ukuran Standar Mok Yan Jong / Boneka Kayu Wing Chun / Wooden Dummy

Kali ini tim Winchunsport akan mencoba membahas tentang ukuran standar "Boneka Kayu Wing Chun" atau mok yan jong atau sering juga disebut Wooden Dummy.

Menurut informasi beberapa 'sifu' atau pelatih Wing Chun, sebenarnya tidak ada ukuran baku atau standar untuk sebuah Boneka kayu wing Chun. Ukuran disesuaikan dengan tinggi masing-masing penggunanya. Berikut ini adalah ukuran mok yan jong atau boneka Wing Chun versi Wingchunsport:
  1. Ukuran lengan ganda (lengan atas) sejajar dengan bahu pengguna (setelah pengguna pasang kuda-kuda)
  2. Ukuran lengan tengah sejajar dengan perut / pusar pengguna.
  3. Ukuran kaki sejajar dengan lutut pengguna atau sedikit lebih tinggi.
  4. Diameter bodi antara 20cm hingga 24cm.
Berikut ini penjelasannya dalam gambar:
Ukuran standar Boneka Kayu Wing Chun / Mok Yan Jong / Wooden Dummy | www.wingchunsport.com
Untuk ukuran diameter lengan sendiri ada beberapa versi. Untuk diameter pangkal lengan (yang menempel dengan bodi mok yan jong / wooden dummy) biasanya berkisar antara 6cm sampai 8cm. Sedangkan ujung lengan mok yan jong sendiri biasanya antara 3cm hingga 4.5cm. Semua disesuaikan dengan lengan dan selera pengguna.

Untuk rongga lengan mok yan jong / wooden dummy yang masuk ke bodi disarankan tidak terlalu sempit. Usahakan sedikit lebih longgar sehingga lengan dapat sedikit bergeser ke kanan dan ke kiri ketika digunakan untuk latihan. Jangan menganggap sepele hal ini. Lengan yang mati (tidak bergoyang) saat digunakan untuk latihan akan merusak kesehatan saraf tulang belakang. Untuk pemula yang baru mempelajari teknik tangkisan, hal ini bisa dikatakan sangat fatal.

Ukuran diameter kaki baik dari pangkal hingga ujung boleh sama. Lipatan pada kaki mok yan jong / wooden dummy biasanya disesuaikan dengan tinggi lutut masing-masing pengguna (sejajar dengan lutut pengguna). Namun demikian ada beberapa pengguna yang memilih ukuran lipatan (lutut) mok yan jong / wooden dummy sedikit lebih tinggi.

Hal lain yang harus diperhatikan dalam ukuran mok yan jong / wooden dummy adalah 'diameter bodi'. Biasanya ukuran standar diamter bodi mok yan jong berkisar antara 20cm hingga 24cm. Diameter bodi yang terlalu besar tidak dianjurkan karena bodi bagian atas mok yan jong mewakili 'kepala' atau leher lawan. Dalam latihannya seringkali dibutuhkan lilitan atau cengkeraman ke bagian bodi. Untuk itu bodi mok yan jong disesuaikan dengan rata-rata kemampuan lilitan tangan atau cengkeraman orang pada umumnya. Selain itu bodi mok yan jong disesuaikan dengan berat dari mok yan jong / wooden dummy itu sendiri. Dengan jenis kayu yang sama, diamter bodi lebih lebar akan memiliki berat yang lebih juga.

Yang terakhir adalah kaki penyangga agar mok yan jong / wooden dummy berdiri. Tidak ada ukuran baku untuk panjang penyangga mok yan jong / wooden dummy. Yang jelas jangan terlalu lebar ke samping karena akan mempengaruhi posisi latihan pada saat pengguna bergeser untuk berlatih melakukan serangan dari samping.

Dari keseluruhan ukuran yang telah kita bahas, satu hal yang paling penting adalah "mok yan jong / wooden dummy" harus bergoyang atau kalah dengan hentakan-hentakan yang kita lakukan. Jadi sesuaikan dengan berat tubuh dan kekuatan pengguna. Mok Yan Jong yang ditanam atau tidak bergoyang / bergetar pada saat kita gunakan untuk latihan dapat mengganggu fungsi saraf tulang belakang. Hal tersebut terjadi ketika terjadi kesalahan bentur saat latihan. Apalagi untuk pemula, hal ini HARUS sangat diperhatikan.

Untuk lebih detail dan lebih lanjut lagi... ada baiknya jika Anda konsultasikan kepada Sifu atau pelatih anda sebelum memutuskan untuk membeli atau membuat mok yan jong / wooden dummy / boneka kayu wing chun. Satu hal lagi... pastikan Anda membeli atau membuat Mok Yan Jong / wooden dummy / boneka kayu wing chun pada produsen atau penyedia alat tersebut yang berpengalaman.

- wingchunsport -
Previous
Next Post »