Cara Berlatih Beladiri dengan Boneka Kayu Wingchun / Mok Yan Jong / Wooden Dummy

Ada 8 bagian latihan boneka kayu atau mok yan jong atau wooden dummy. 8 bagian ini adalah teknik Wingchun yang digunakan dalam berlatih menggunakan mok yan jong. Namun jika anda sudah pernah berlatih beladiri sebelumnya seperti Karate, Kungfu, Jet Kune Do, atau beladiri yang lain, sebenarnya "boneka kayu" atau mok yan jong ini dapat digunakan untuk berlatih tangkisan dan balasan serangan dengan teknik masing-masing.

Asumsinya Anda sudah mengetahui terlebih dahulu kekuatan dan kelemahan model tangkisan, pukulan maupun ringkusan. Jika belum, mintalah pada instruktur atau pelatih masing-masing beladiri Anda. Karena kesalahan kecil yang tak disadari dalam berlatih dapat menimbulkan hal-hal fatal yang tidak diinginkan.
Berikut ini teori dasar berlatih Wingchun dengan menggunakan Mok Yan Jong / Wooden Dummy atau sering disebut juga dengan "Boneka Kayu Wingchun" atau "Boneka Kayu Kungfu":

Bagian Pertama
Terdiri 10 gerakan dimulai jurus awal (posisi siap) kemudian menarik leher, tan sau kiri dan kanan dan jaun sau. Bagian ini menekankan kelincahan dan kekuatan kuda-kuda.

Bagian Kedua
Terdiri 10 gerakan, dimulai posisi awal kanan.

Bagian Ketiga
Terdiri 10 gerakan, dimulai menangkis di luar dan di dalam. Bagian ini juga mengajarkan cara melatih telapak tangan untuk menangkis dan menyerang.

Bagian Keempat
Terdiri 9 gerakan, mulai dari gerakan telapak tangan samping. Keutamaan latihan ini membiasakan tangan dan lengan mampu melakukan serangan balasan sambil menyelusup yang dibarengi tendangan samping yang cepat. Tujuan latihan ini untuk menguasai latihan keterapilan agar bisa melancarkan rangkaian gerakan ke depan segera setelah tangan menemukan celah atau peluang yang terbuka. Walau lawan terus menekan dan melancarkan pukulan, kita tetap bisa melakukan balasan dengan pukulan atau tendangan.

Bagian Kelima
Terdiri 21 gerakan, mulai tan sau ganda. Bagian ini melatih teknik menyelinap masuk menyerang ke daerah pertahanan lawan, sambil menyerang titik lemah lawan. Teknik ini mematikan, jika dilakukan dengan penyaluran tenaga yang tepat.

Bagian Keenam

Terdiri 15 gerakan yang dimulai fok sau. Bertujuan melancarkan aplikasi teknik tangan ganda atau po pai cheung.

Bagian Ketujuh

Terdiri 15 gerakan, dimulai gun sau kiri dan kanan. Penekanan latihan ditujukan pada perubahan bong sau menjadi cengkraman tangan yang dapat dipadukan dengan serangan tangan. Pada akhir latihan akan banyak ditekankan pada persiapan aplikasi tendangan jejak menyilang yang merupakan salah satu pamungkas teknik wing chun.

Bagian Kedelapan
Terdiri 26 gerakan, dimulai bong sau bawah kiri dan kanan dan diakhiri gerakan mundur atau menarik diri. Sebagian besar teknik tendangan ada di bagian ini.

Itulah delapan bagian latihan mok yan jong / wooden dummy. Untuk gerakan lebih jelasnya, Anda dapat menanyakan langsung pada pelatih atau shifu Anda masing-masing. Sebenarnya dengan melihat video di Youtube pun banyak. Akan tetapi tim Wingchunsport sangat-sangat menyarankan Anda untuk tetap memiliki mentor atau shifu yang berpengalaman dalam berlatih. Silahkan baca artikel "Hal-hal yang Perlu diperhatikan Sebelum Anda Mulai Berlatih Beladiri" untuk lebih jelasnya.

Semoga bermanfaat

Salam Olahraga
-Wingchunsport-
Previous
Next Post »