Perkembangan Teknik Latihan Boneka Kayu Wingchun / Mok Yan Jong / Wooden Dummy (Manusia Kayu)

Jika kita mempelajari Wing Chun, tentunya kita akan mengenal yg namanya boneka kayu, biasa dikenal dengan sebutan "Mok Yan Jong" atau "Wooden Dummy" atau sering juga disebut dengan "Boneka Kayu Kungfu". Secara Wing Chun tradisional, terdapat 116 bentuk gerakan di dalam Mok Yan Jong. Akan tetapi, sejalan dengan perkembangan jaman, bentuk gerakan Mok Yan Jong terdapat pengurangan dan penambahan tergantung dari masing-masing guru dalam memahami Wing Chun.

Penggunakan Mok Yan Jong / Boneka Kayu / Manusia Kayu / Wooden Dummy adalah untuk mengembangkan kemampuan dalam pertarungan dengan mengendalikan lawan. Disini kita mulai dituntut untuk mempraktekan pemahaman bentuk-bentuk atau teknik-teknik WIng Chun yang sudah dipelajari sebelumnya. Mereka yang belum menguasai benar tentang teori, cara mengatur kaki dan kuda-kuda Wing Chun dapat berlatih sendiri dengan Mok Yan Jong, walaupun pada dasarnya, mereka musti harus memiliki kemampuan dasar yang cukup untuk menggunakan Mok Yan Jong. Teknik-teknik gerakan di dalam Mok Yan Jong tentunya diambil dari bentuk-bentuk jurus Wing Chun yang diseleksi karena sangat efektif dan praktis. Walaupun saat ini banyak aliran beladiri lain yang menggunakan Mok Yan Jong sebagai sarana latihan. Hal ini terjadi karena Mok Yan Jong / Wooden dummy / Boneka Kayu pada dasarnya memiliki struktur atau skema menyerang dari manusia.

Latihan menggungakan Mok Yan Jong/ Wooden dummy / Boneka Kayu terbukti efektif untuk mengembangkan imajinasi ketika nantinya berhadapan dengan lawan. Walaupun demikian, latihan Mok Yan Jong akan lebih efisien jika diaplikasikan dengan partner. Karena pada prinsipnya, Mok Yan Jong hanyalah sebuah boneka kayu yang tidak akan melawan jika diserang, lain cerita jika dia adalah manusia yang dapat bergerak dengan bebas. Jadi Mok Yan Jong hanyalah untuk melatih dan memantapkan kemampuan yang sudah dipelajari sebelumnya.

Berikut ini cuplikan video sang 'Grand Master' Ip Man ketika memperagakan latihan dengan menggungakan Mok Yan Jong/Wooden dummy:

Previous
Next Post »