Fungsi & Manfaat Mok Yan Jong / Wooden Dummy / Manusia Kayu

Fungsi Latihan Mok Yan Jong / Wooden Dummy / Manusia Kayu

Kadang dalam berlatih beladiri kita memerlukan alat bantu latihan seperti: samsak, barbel, pemberat tangan / kaki, dan lain sebagainya. Untuk beladiri Wingchun dan Jet Kune Do alat latihan yang paling terkenal adalah Mok Yan Jong atau Wooden Dummy atau sering disebut juga Manusia Kayu. Tujuan penggunaan alat-alat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dengan metode-metode latihan yang benar.

Berikut ini beberapa manfaat Mok Yan Jong / Wooden Dummy / Manusia Kayu dalam latihan beladiri.

A. Melatih Reflek & Kebiasaan Pola Tangkis-Pukul-Ringkus
Diperlukan kebiasaan melakukan tangkisan yang benar untuk dapat menangkis serangan lawan dengan cepat dan tepat kemudian membalasnya dengan serangan tertentu. Mok Yan Jong / Wooden Dummy diciptakan dengan mengibaratkan lawan yang menyerang. Dua lengan atas Mok Yan Jong / Wooden Dummy mewakili serangan Atas (baik pukulan maupun tendangan), satu lengan tengah Mok Yan Jong / Wooden Dummy mewakili serangan arah tengah badan, dan satu lengan bawah Mok Yan Jong / Wooden Dummy mewakili gerakan kaki lawan. Standar latihan penggunaan Mok Yan Jong / Wooden Dummy memicu Anda untuk melakukan tangkisan, pukulan, dan ringkusan. Dengan berlatih secara rutin, maka Anda tangkisan, pukulan, dan ringkusan Anda akan keluar secara reflek pada saat dibutuhkan.

B. Melatih Kekuatan Tulang & Otot
Latihan rutin menggunakan Mok Yan Jong / Wooden Dummy akan melatih kekuatan tulang-tulang lengan anda dalam menghalau serangan lawan. Gerakan-gerakan tangkisan, pukulan, maupun ringkusan yang berulang-ulang akan melatih otot-otot Anda yang sangat diperlukan dalam sebuah pertarungan jarak pendek.

C. Melatih Ketangkasan dan Kecepatan Gerakan
Bukan hanya kekuatan dan reflek saja yang terlatih, melainkan ketangkasan dan kecepatan gerakan Anda untuk menghalau dan membela diri pun akan meningkat. Tentunya harus disertai dengan latihan benar dan rutin.

D. Melatih Imajinasi dalam Membela Diri Jarak Dekat
Mok Yan Jong / Wooden Dummy diciptakan sedemikian rupa untuk mewakili tubuh lawan. Akan tetapi Anda tetap perlu berimajinasi membayangkan serangan apa yang muncul dari lawan ketika anda melakukan tangkisan tertentu. Kemudian Anda juga harus berimajinasi serangan balik Anda akan mengenai bagian mana dari tubuh lawan. Jika dilakukan berulang-ulang dalam bentuk latihan yang benar, maka reflek Anda akan terbentuk ketika anda menghadapi pertarungan jarak pendek yang sesungguhnya.

Dalam tingkat advance, Mok Yan Jong / Wooden Dummy dapat digunakan juga untuk berlatih dan berimajinasi jika lawan menyerang dengan menggunakan senjata pendek seperti pisau atau belati.

Nah, itulah beberapa fungsi atau manfaat mok yan jong / wooden dummy dalam berlatih beladiri. Semoga bermanfaat. 
Previous
Next Post »