Ada baiknya Anda mempunyai 'Mok Yan Jong' untuk Meningkatkan Kemampuan

Berlatih tangkisan & serangan balasan dengan Mok Yan Jong / Wooden Dummy sebelum menghadapi lawan sesungguhnya di lapangan.
Mok Yan Jong atau Wooden Dummy atau sering disebut 'Manusia Kayu' dalam bahasa Indonesia merupakan salah satu alat (toos) untuk berlatih guna meningkatkan kemampuan beladiri seseorang. Saat ini bukan hanya aliran beladiri Wingchun atau Jet Kune Do saja yang menggunakan Mok Yan Jong / Wooden Dummy atau manusia kayu ini. Hingga saat ini, Wingchunsport telah memasarkan Mok Yan Jong / Wooden Dummy ke beberapa aliran beladiri selain Wingchun dan Jet Kune Do seperti: karate, pencak silat, kungfu aliran tertentu, dan beberapa aliran beladiri lainnya.

Sempat kita menanyakan ke pihak aliran beladiri yang bersangkutan tentang Mok Yan Jong-nya. Mereka mengatakan bahwa alat ini dapat digunakan untuk latihan ketepatan tangkisan dan ketangkasan dalam menghalau serangan lawan. Para murid harus terlebih dahulu melakukan gerakan tangkisan yang "BENAR" sebelum mereka berhadapan dengan lawan yang sesungguhnya di lapangan. Anda dapat membaca beberapa manfaat penting Mok Yan Jong pada artikel sebelumnya yang berjudul "Fungsi & Manfaat Mok Yan Jong / Wooden Dummy / Manusia Kayu".

Nah, berikut ini beberapa keuntungan memiliki Mok Yan Jong / Wooden Dummy / Manusia Kayu sendiri di rumah untuk latihan:
  1. Untuk benar-benar meningkatkan keterampilan berlatih mok yan jong Anda, salah satu kebutuhan yang tak bisa di pungkiri adalah memiliki sendiri Mok Yan Jong / wooden dummy. Ada baiknya Anda mengetahui artikel sebelumnya yg berjudul "Hal-hal yang Perlu diperhatikan Sebelum Anda Mulai Berlatih Beladiri". Dengan memiliki sendiri Mok Yan Jong maka Anda dapat berlatih kapan saja tanpa terbatas tempat atau jadwal latihan dari perguruan beladiri yang Anda ikuti.
  2. Seorang partner dalam latihan sangat dibutuhkan untuk dapat mengaplikasikan teknik serangan dan bagaimana cara mengatasinya. Namun, harus diakui bahwa tidak setiap waktu Anda dapat berlatih bersama partner Anda. Dengan memiliki Mok Yan Jong / Wooden Dummy, Anda dapat kapan saja menerapkan atau mencoba menggali prinsip-prinsip serangan lawan dan bagaimana cara mengatasinya. Hal ini dapat Anda lakukan tanpa adanya pasangan atau partner untuk latihan.
  3. Semakin sering Anda berlatih menggunakan Mok Yan Jong / Wooden Dummy, disadari atau tidak, kemampuan Anda dalam ketangkasan mengatasi serangan lawan bisa menjadi sebuah reflek. Tentu saja hal ini dapat anda kuasai bukan dalam waktu satu atau dua bulan. Namun, hal ini sangat bermanfaat ketika Anda menerima serangan secara tiba-tiba pada keadaan tertentu.
Sebenarnya masih banyak manfaat yang Anda dapatkan ketika Anda berlatih mengendalikan sebuah pertarungan jarak dekat dengan menggunakan Mok Yan Jong / Wooden Dummy. Namun harus diakui, setelah berimajinasi dan berlatih sendiri dengan menggunakan Mok Yan Jong / Wooden Dummy, Anda harus mencoba mengaplikasikannya bersama partner latihan Anda. Namun ketika anda sudah sering berlatih dengan menggunakan "Manusia Kayu" ini, Anda akan merasakan perbedaan ketika berlatih berpasangan dengan partner.
Berlatih bersama partner latihan
Nah, beberapa hal di atas adalah uraian manfaat memiliki Mok Yan Jong / wooden dummy sendiri untuk berlatih beladiri. Memang Anda harus sedikit merogoh kocek lebih. Tetapi manfaatnya akan setimpal jika Anda berlatih dengan tekun. Sekian informasi ini, namun sebelum Anda berlatih, ada baiknya anda membaca Artikel ini: "Hal-hal yang Perlu diperhatikan Sebelum Anda Mulai Berlatih Beladiri".

Semoga bermanfaat
- Wingchunsport -
Previous
Next Post »