Perbedaan Mok Yan Jong / Wooden Dummy Versi Single (Berdiri) dan Versi Frame (Berpalang)

Bagi Anda pecinta beladiri Wingchun atau Jet Kune Do, pasti tidak asing dengan tools latihan yang satu ini: Mok Yan Jong / Wooden Dummy / Manusia Kayu.

Mungkin ada yang bertanya: "Apa perbedaan mok yan jong / wooden dummy versi single (berdiri) dan versi frame (berpalang). Tim wingchunsport memproduksi mok yan jong / wooden dummy / manusia kayu yang TIDAK tertanam di tanah (menancap) ataupun paten di dinding. Oleh sebab itu Mok yan jong / wooden dummy yang diproduksi tim Wingchunsport dapat sedikit bergerak atau berpindah tempat pijakan pada saat terkena benturan saat kita berlatih. Berikut ini foto mok yan jong /wooden dummy / manusia kayu versi single & frame yang diproduksi tim Wingchunsport:
Mok Yan Jong / Wooden Dummy / Manusia Kayu tipe Frame (Berpalang) | Wingchunsport
2 buah Mok Yan Jong / Manusia Kayu / Wooden Dummy Tipe Single (Berdiri) | Wingchunsport
Nah, berikut ini beberapa perbedaannya versi Wingchunsport (tentu saja tim Wingchunsport menuliskan perbedaan ini berdasarkan 2 jenis mok yan jong atau manusia kayu yang kita produksi):

A. Mok Yan Jong / Wooden Dummy / Manusia Kayu tipe single (Berdiri)

  1. Menurut tim Wingchunsport Mok yan jong / wooden dummy ini lebih fleksibel karena sedikit bisa bergoyang ke kiri, kanan, depan dan belakang. Hal tersebut terjadi karena benturan pada saat kita berlatih. Keuntungannya adalah kita dapat berimajinasi bahwa lawan tanding kita adalah seseorang yang mampu bergerak leluasan ke kanan, kiri, depan, belakang. Hingga saat ini memang konsumen lebih banyak memilih untuk membeli mok yan jong tipe berdiri.
  2. Berat berkisar 80-90Kg. 
  3. Tempat meletakkan mok yan jong / wooden dummy relatif lebih kecil dengan ukuran 90cm x 90cm. Mok Yan Jong / wooden dummy tipe berdiri relatif tidak memakan tempat jika dibandingkan dengan mok yan jong /wooden dummy tipe frame (berpalang). Anda dapat meletakkannya pada tempat atau ruangan yang tidak terlalu luas.
  4. Bongkar-pasang mok yan jong /wooden dummy lebih sederhana. Anda hanya perlu melepaskan kunci pengait dari setiap lengan mok yan jong /wooden dummy Anda. Sedangkan bagian bawah hanya dibutuhkan alat semacam kunci roda kendaraan untuk melepas baut yang menahan kaki penopangnya.
B. Mok Yan Jong / Wooden Dummy / Manusia Kayu Tipe Frame (Berpalang) 
  1. Banyak yang mengatakan bahwa tipe mok yan jong / wooden dummy ini lebih fleksibel. Pada kenyataannya, mok yan jong / wooden dummy tipe ini hanya dapat bergerak atau bergeser ke kiri dan ke kanan. Gerakan ke kiri dan ke kanan ini adalah respon alami mok yan jong / wooden dummy ketika menerima benturan dari lengan atau kaki Anda. 
  2. Berat berkisar 120-150Kg. Karena beratnya inilah maka jarang tim Wingchunsport menjumpai seseorang yang berlatih dapat menggeser tumpuan kaki mok yan jong / wooden dummy ini. Artinya wooden dummy / mok yan jong tipe ini lebih sulit untuk bergeser berpindah tempat ketika menerima benturan dari lengan atau kaki Anda. Kecuali ukuran tubuh dan tenaga Anda sangatlah besar.
  3. Tempat meletakkan mok yan jong / wooden dummy relatif lebih luas jika dibandingkan dengan versi single (berdiri). Mok Yan jong /wooden dummy tipe ini membutuhkan tempat peletakan minimal 90cm x 130cm. 
  4. Bongkar pasang mok yan jong / wooden dummy tipe ini sedikit lebih repot jika dibandingkan dengan tipe single (berdiri). Ada beberapa baut yang menghubungkan antar frame. Selain itu memasukkan batang mok yan jong / wooden dummy ke dua frame yang digunakan juga membutuhkan tenaga ekstra.
Beberapa Pertimbangan Sebelum Anda Memutuskan untuk Membeli Mok Yan Jong / Wooden Dummy
  1. Tempat Anda meletakkan Mok Yan Jong. Jika tempat yang akan anda gunakan untuk berlatih dan meletakkan mok yan jong relatif sempit mungkin Anda perlu melirik mok yan jong tipe single atau berdiri. Jika tempat  lumayan luas, pemilihan mok yan jong / wooden dummy akan lebih fleksibel tergantung selera Anda dalam berlatih. ;) Berikut ini contoh ruangan sempit untuk meletakkan mok yan jong:
    ruangan relatif sempit untuk meletakkan Mok Yan Jong / Wooden Dummy | Wingchunsport
  2. Cuaca, suhu, dan kelembaban tempat latihan Anda. Hal ini sangat penting yang akan mempengaruhi keawetan mok yan jong / wooden dummy / manusia kayu Anda. Selain suhu dan kelembaban, bahan baku, dalam hal ini kualitas kayu yang digunakan untuk membuat mok yan jong / wooden dummy juga mempengaruhi. Dalam kasus ini tim Wingchunsport biasa menggunakan kayu mahoni, jati, atau kayu akasia. Setiap jenis kayu tersebut relatif kuat dan berkualitas untuk digunakan sebagai bahan baku mok yan jong. Dan Anda bisa tenang, karena setiap kayu tersebut akan dilapisi dengan cat atau bahan anti rayap seperti (plitur & pernis) sehingga mok yan jong / wooden dummy anda relatif lebih tahan lama.
  3. Detail ukuran Mok Yan Jong / Wooden Dummy. Sebenarnya tidak ada ukuran baku mok yan jong / wooden dummy karena postur dan tinggi tubuh setiap orang berbeda-beda. Selain itu aliran beladiri juga akan mempengaruhi bentuk dan tata letak lengan mok yan jong / wooden dummy yang akan dipakai untuk berlatih. Pastikan ukuran mok yan jong / wooden dummy sesuai dengan kebutuhan latihan Anda. Tanyakan pada suhu atau shifu Anda masing-masing untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  4. Belilah Mok Yan Jong / Wooden Dummy dari Vendor atau Produsen yang Berpengalaman. Kualitas dari sebuah mok yan jong / wooden dummy bukan hanya dilihat dari bahan baku (kayu) dan ukuran saja. Namun juga cara pengerjaan dan pengalaman vendor untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Pilihlah mok yan jong / wooden dummy dari vendor atau produsen yang berpengalaman. Mungkin Anda dapat berkonsultasi pada pelatih atau shifu (suhu) anda terlebih dahulu. Kemungkinan besar mereka lebih tahu tentang produsen mok yan jong / wooden dummy berkualitas dan berpengalaman.
Nah.. semoga beberapa uraian di atas dapat menjawab beberapa pertanyaan rekan-rekan pecinta beladiri sebagai pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli mok yan jong / wooden dummy. Semoga bermanfaat.

- Salam Olah Raga -
- Wingchunsport -
Previous
Next Post »