Vovinam, Beladiri Asal Vietnam

Foto Vovinam (1) | Wingchunsport
Vovinam merupakan beladiri yang berasal dari Vietnam dan berkembang sejak tahun 1960-an hingga sekarang. Olahraga ini dikenal secara internasional melalui diaspora orang-orang Vietnam di Prancis dan Amerika.

Secara umum vovinam sangat identik dengan seni beladiri Asia lainnya seperti wushu, karate, pencak silat ataupun taekwondo. Sebagaimana halnya dengan pencak silat sekarang, vovinam juga menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan pada ajang SEA Games XXVI 2011.
Foto Vovinam (2) | Wingchunsport
Nah, pertanyaannya dapatkah Mok Yan Jong / Wooden Dummy / Manusia kayu diaplikasikan untuk berlatih Vovinam? Terus terang tim wingchunsport belum pernah mendapatkan pembeli Mok Yan Jong / Wooden Dummy / Manusia Kayu dari aliran beladiri ini. Namun melihat karakter beladiri ini, Tim wingchunsport sangat yakin bahwa Mok Yan Jong / Wooden Dummy / Manusia Kayu dapat digunakan dalam berlatih Vovinam. Vovinam mengandalkan kecepatan dan kekuatan tangan, siku dan tendangan.Keduanya gerakan menyerang dan bertahan dilatih bahkan menggunakan gerakan gulat tradisional, sedangkan senjata di antaranya menggunakan pedang, pisau, tongkat dan kipas berlipat. Teori dan latihan Yin dan Yang (bahasa Vietnam-nya: Am-Dương) menekankan bahwa dalam kehidupan universal ada kaitan antara Yin (negatif) dan Yang (positif). Vovinam menekankan hal itu, yaitu adanya kekerasan yang mendasari kelembutan dan adanya kelembutan yang mengatasi kekerasan. Kekerasan dan kelembutan sepadan untuk mengatasi segala situasi dan segala masalah.
Para murid vovinam diajarkan tentang perpaduan antara unsur positif dan negatif yang pada ujungnya bermuara pada filosofi seni bela diri, yaitu: semangat juang, keberanian, keuletan, kejujuran, kesederhanaan dan toleransi.
Foto Vovinam (3) | Wingchunsport
Latihan para murid vovinam mengarah pada ketahanan moral dan aplikasi filosofinya pada karakter mereka. Kesulitan paling mendasar adalah menyusup ke dalam ego seseorang dan kemudian mengatasi atau memperbaikinya. Dengan salam pembukaan, ""Iron Hand over benevolent heart" (Tangan Besi di Atas Kebaikan Hati), para para murid diingatkan tentang prinsipal dan tujuan Vovinam (Việt V? Đạo) dalam setiap latihan. Ini juga berarti, menggunakan kekuatan dan reaksi lawan, untuk mendapatkan hasil maksimum dengan sedikit tenaga.

- Salam Olah Raga -
- Wingchunsport -

Previous
Next Post »