Beladiri Apa yang Paling Hebat?

Dapatkah ilmu beladiri yang kita latih menjadi manfaat yang sebesar-besarnya untuk sekitar kita?
Beberapa waktu yang lalu, ada pertanyaan menarik dari dua orang konsumen kami. Pertanyaan yang intinya sama: "Beladiri apa yang paling hebat menurut wingchunsport?"

Sebelum kita sharing tentang jawaban kita waktu itu, kita akan bercerita terlebih dahulu...
Mungkin tidak sedikit orang menyadari bahwa 'beladiri' aliran apapun itu bukanlah 'sesuatu yang hidup'. Aliran beladiri hanyalah 'sebuah teori' sebelum seseorang berlatih dan merasakan manfaat dari hasil latihannya. Dari istilahnya... mungkin kita semua sepakat bahwa 'seni beladiri' adalah seni untuk membela diri dari sesuatu yang tidak diinginkan atau mengancam diri. Dengan kata lain, ada benarnya juga bahwa 'bela diri' adalah cara untuk membela diri sendiri dan bertahan hidup dari ancaman-ancaman di luar sana.

Setiap orang, setiap postur tubuh, dan setiap kondisi fisik memiliki cara tersendiri untuk dapat membela diri. Secara alami, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Contoh: orang gemuk cenderung memiliki power yang lebih besar namun kurang dalam kelincahan. Sebaliknya postur tubuh kurus akan memiliki keunggulan dalam kelincahan. Namun kurang dalam kekuatan / power. Memang tidak semuanya demikian, tergantung dari latihan masing-masing. Akan tetapi kecenderungan dasarnya adalah demikian.

Seperti kita tahu bahwa dalam berlatih beladiri diperlukan ketekunan. Sama dengan hal lain. Untuk menjadi reflek atau kebiasaan, pada awalnya seseorang perlu "membiasakan" atau berlatih berkali-kali untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Ada satu hal (menurut tim wingchunsport) yang mungkin tidak banyak orang menyadari. Yaitu sebuah "pikiran" bahwa latihan beladiri hanyalah untuk bertahan, menyerang, atau bahkan menghancurkan sesuatu yang ada diluar diri kita. Contoh: dalam keadaan tertentu kita dijambret atau ditodong orang ditempat yang sepi. Hal ini terjadi karena perbedaan pemahaman antara individu yang satu dengan yang lainnya. Mereka berlatih kekerasan tulang, memukul benda keras, bahkan kekebalan tubuh. Tidak lain tidak bukan hanyalah sebagai pertahanan diri dari ancaman di luar diri mereka.

Ketika seseorang berlatih beladiri, kemudian mampu membeladiri dari ancaman-ancaman luar dalam suatu pertarungan (mungkin) maka orang tersebut dikatakan berhasil dan hebat dengan disiplin beladirinya. Ada juga yang mengatakan hebat ketika orang yang berlatih tersebut memenangkan berbagai macam kejuaraan. Terlebih jika kejuaraan tersebut adalah kejuaraan antar aliran beladiri. Sang juara pertama dari kejuaraan tersebut mungkin didefinisikan sebagai orang hebat beladiri. Disiplin ilmu beladirinya pun naik daun setelahnya. Kemudian orang berbondong-bondong untuk berlatih disiplin ilmu beladiri yang sama.

Tahukah Anda, bahwa untuk menjadi hebat tidaklah bergantung pada didiplin ilmu beladiri yang dilatihnya. Namun lebih kepada orang yang berlatih atau diri Anda sendiri. Berlatih dengan tekun dan sabar menjadi 'salah satu' kuncinya. Beladiri akan memberikan manfaat untuk Anda adalah ketika Anda dapat memetik hasil positif setelah melatihnya. Terus terang dalam kaitannya dengan ilmu beladiri... tim wingchunsport mengakui bahwa seseorang ini 'HEBAT' ketika memenangkan berbagai macam kejuaraan, dapat menghindari ancaman-ancaman luar, dan memiliki tubuh yang kuat... Mungkin dalam kondisi dan situasi tertentu hal tersebut dibutuhkan dan sangat bermanfaat. Namun ada satu hal lagi yang menurut tim wingchunsport "SANGAT PENTING". Yaitu apakah dengan berlatih beladiri (apapun didiplin beladirinya) kita menjadi lebih baik, lebih bermanfaat untuk sekitar, dan kita dapat membeladiri dari sang 'AKU'? Mengalahkan 100 lawan seorang diri mungkin adalah hal yang luar biasa. Tapi mampukah kita mengalahkan 'AKU' yang bersemayam kuat dalam diri kita masing-masing? Mampukah pukulan kuat yang 'saya' latih yang dapat menghancurkan benda-benda keras 'saya' manfaatkan untuk 'MENGENDALIKAN' sang 'AKU'? atau membuat 'saya' semakin angkuh tanpa sadar? Jika belum atau bahkan tidak dapat... maaf, tim wingchunsport menilai Anda belum hebat.

Kenapa?
Karena beladiri yang paling hebat menurut tim wingchunsport adalah beladiri yang mampu membantu Anda untuk menjadi lebih baik, lebih bermanfaat, lebih menghormati, lebih rendah hati, dan tentunya... lebih mampu 'MENGENDALIKAN' sang 'AKU' dalam diri.

- Salam Beladiri -
wingchunsport


Previous
Next Post »