BERLATIH GAYA BEBAS DENGAN BONEKA KAYU


Pernah mendengar teknik gaya bebas? Bagi yang punya hobi berenang mungkin tau. Jenis olahraga yang dilakukan di kolam berisi air ini memiliki bermacam-macam teknik, salah satunya adalah teknik gaya bebas. Apakah ada jenis olahraga lain yang menggunakan gaya bebas selain berenang? Setiap olahraga hampir memiliki gaya bebas, tapi cenderung lebih cocok dalam olahraga renang karena memiliki prosedur yang telah kita sepakati untuk dapat melakukan gaya tersebut. Di luar olahraga renang, gaya bebas itu sendiri mampu menghasilkan bakat dan kreatifitas seseorang tanpa prosedur yang disepakati. Artinya, bergayalah semaumu, sebisamu.


Begitu juga dalam kategori olahraga bela diri. Banyak sekali teknik gaya bebas yang dapat diperagakan. Disini, kita akan membahas olahraga bela diri menggunakan sarana boneka kayu / mok yan jong / wooden dummy. Apakah ada gaya bebas yang bisa diterapkan untuk berlatih bela diri dengan menggunakan boneka kayu? Tim Wingchunsport menjawab ada. Untuk lebih jelasnya, kita bisa lihat contoh-contoh gaya bebas tersebut di youtube dengan mengetikkan kata kunci "wooden dummy freestyle". Pada intinya, kita bisa menggunakan teknik-teknik yang sudah disepakati dalam berlatih bela diri menggunakan boneka kayu dan di selingi dengan gaya bebas tersebut. Atau kita bisa menggunakan gaya bebas dari awal sampai akhir latihan asal prosedur keamanan tetap kita perhatikan untuk menghindari kemungkinan gerakan yang dapat membuat cedera. Sebenarnya, banyak sekali gaya bebas yang bisa kita lakukan dan mempunyai makna. Tidak sembarang pukul, tangkis, atau tendang saja. Misalkan saat berusaha menangkis pukulan lawan dengan tangan kiri dari depan, kita bisa langsung lancarkan pukulan dengan tangan kanan ke belakang kepala lawan dengan bergeser ke arah kanan menggunakan kuda-kuda yang tepat. Atau saat kita menangkis pukulan lawan dengan kedua tangan, kita bisa langsung menghajar perut lawan dengan lutut kanan atau kiri kita dan dilanjutkan dengan menendang samping perut lawan menggunakan kaki satunya.


Nah, para pendekar sekalian, jika ada gaya bebas yang ingin dibagikan kepada kita, silahkan berkomentar. Atau bisa juga dengan memberikan link video yang berkonten gaya bebas dengan boneka kayu. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam Pendekar!
Previous
Next Post »